Semaraknya Event di Bandung Pasca Pandemi

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Wed, March 2023 • 189

Setelah sempat dibatasi akibat pandemi covid-19, event-event yang biasanya mengundang kerumunan massa, mulai digelar kembali di Kota Bandung di tahun 2022. Namun demikian, penyelenggaraan event tersebut masih harus menerapkan protokol kesehatan guna mencegah lonjakan kasus covid-19.

Sepanjang tahun 2022, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mencatat sebanyak 398 event non budaya telah digelar di Kota Bandung. Event non budaya ini sendiri meliputi kegiatan konser musik, pameran, teater, bazar, festival dan event-event lain di luar kegiatan kebudayaan.

Jika melihat trend bulanannya, event-event non budaya di Kota Bandung semakin banyak digelar selepas bulan April 2022 atau setelah melewati bulan Ramadhan. Puncaknya terjadi di akhir tahun, ketika 83 event non budaya digelar di bulan Desember. Jika dirata-ratakan, maka lebih dari 2 event non budaya digelar setiap harinya di Kota Bandung selama bulan Desember tersebut.

Patut kita tunggu, apakah di tahun ini akan semakin banyak event-event yang digelar di Kota Bandung?! Seiring dengan semakin landainya tren kasus covid-19 di Kota Kembang ini.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.