Waspada, Kekerasan Mengintai Anak-Anak Kita!

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, September 2023 • 379

Kasus kekerasan masih marak terhajadi di Indonesia, terutama terhadap anak-anak. Kondisi fisik yang tak sekuat orang dewasa, menjadikan anak-anak lebih rentan menjadi korban kekerasan, baik kekerasan fisik, psikis maupun seksual. Berbagai peraturan dilahirkan oleh Pemerintah untuk menekan angka kasus kekerasan ini, salah satunya UU no 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Terhadap Anak. Lalu bagaimana kasus kekerasan yang terjadi di Kota Bandung?

Berdasarkan data yang dihumpun Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung. sebanyak 467 orang melapor ke UPTD PPA sebagai korban kekerasan di tahun 2022. Angka tersebut meningkat hampir dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Selain lebih didominasi korban anak-anak, kasus kekerasan juga lebih sering terjadi pada korban perempuan, bahkan dalam 2 tahun terakhir, persentasenya selalu di atas 75%.

Oleh karena itu, mari sama-sama waspada terhadap kekerasan yang mengintai anak-anak kita!

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.