Tren Kemiskinan di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Fri, July 2023 • 99

Dikutip dari laman BPS, garis kemiskinan merupakan besaran pengeluaran minimum yang diperlukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya selama sebulan, baik kebutuhan makanan maupun non-makanan. Tren garis kemiskinan di Kota Bandung sendiri terus meningkat setiap tahun, seiring dengan peningkatan harga barang setiap tahunnya akibat inflasi. DI tahun 2022 garis kemiskinan penduduk Kota Bandung mencapai Rp.545.675. Itu artinya, setiap penduduk yang pengeluaran per bulannya kurang dari anga tersebut dikateogorikan sebagai penduduk miskin.

Lalu bagaimana dengan tren jumlah penduduk miskin di Kota Bandung?

Berdasarkan data BPS yang dihimpun dari tahun 2010 hingga 2022, tren jumlah penduduk miskin di Kota Bandung sempat mengalami penurunan pada periode tahun 2014 hingga 2019. Namun saat wabah covid melanda, jumlah penduduk miskin Kota Bandung mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada tahun 2020 dan 2021, masing-maising sebesar 18% dan 12%. Namun seiring dengan pemulihan ekonomi yang terjadi, jumlah penduduk miskin mulai kembali menurun di tahun 2022 meskipun angkanya belum terlalu signifikan.

Semoga dengan semakin pulihnya ekonomi pasca pandemi covid-19, jumlah penduduk miskin di Kota Bandung akan semakin berkurang.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.