Upaya Kota Bandung Dalam Mengatasi Kemiskinan

Visualisasi & Narasi oleh Rendi Kustiawan Mon, March 2023 • 244

Tahukah Dulur Data? Berdasarkan data dari Bandung Pusat Statistik dalam bukunya "Kota Bandung Dalam Angka", pada tahun 2022 kemiskinan di Kota Bandung mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2021 lohh.  Penurunan kemiskinan tersebut menjadi salah satu hal yang positif bagi Kota Bandung, namun disisi lain pemerintah tidak boleh lengah dalam menangani persoalan kemiskinan ini.

Salah satu upaya Kota Bandung dalam menangani kemiskinan adalah dengan memberikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat miskin. Pada tahun 2022, Kota Bandung memberikan bansos yang dibagi kedalam tiga kategori yaitu PBI-JK, BPNT dan PKH. Terdapat 406.427 penduduk yang mendapatkan bantuan PBI-JK. PBI-JK merupakan bantuan iuran BPJS Kesehatan dari pemerintah. Lalu, terdapat 93.092 masyarakat mendapatkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) / sembako. Selain itu, terdapat 45.547 masyarakat yang mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.