Informasi

Rumah Sakit di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Fri, December 2022 • 268

Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, sekaligus menjadi ibu kota provinsi, Kota Bandung sudah seyogyanya memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap bagi warganya. Salah satu fasilitas kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat adalah rumah sakit.

Hingga tahun 2021, jumlah rumah sakit yang beroperasi di Kota Bandung tercatat sebanyak 35 buah, yang terdiri dari 19 rumah sakit umum dan 16 rumah sakit khusus. Dari jumlah tersebut, dapat diklasifikasikan berdasarkan kelas nya, yaitu: kelas A, kelas B, kelas C dan kelas D. Setiap kelas tersebut memiliki kriterianya masing-masing sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 340/Menkes/Per/III/2010.

Rumah sakit kelas A merupakan kelas yang paling tinggi karena memiiki fasilitas dan pelayanan yang lebih lengkap dibandingkan kelas rumah sakit lainnya. Dan Kota Bandung sendiri memiliki 5 buah rumah sakit kelas A, yaitu: RSUP Hasan Sadikin, RSU Santosa Central, PMN RS Mata Cicendo, RSP Dr. H.A. Rotinsulu dan RSGM Unpad.

Cung Dulur Data yang pernah berobat ke rumah sakit di Bandung?

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.