Ramai-ramai mengganti nama

Visualisasi & Narasi oleh Arif Firmansyah Wed, April 2023 • 149

"Nama adalah doa" adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Indonesia yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "One's name is a prayer."

Ungkapan ini mengandung makna bahwa nama seseorang adalah sebuah doa atau harapan untuk keberhasilan dan kesuksesan di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memilih nama yang baik dan memiliki makna yang positif, sehingga dapat membawa keberuntungan dan membuka jalan menuju kesuksesan.

Selain itu, ungkapan ini juga mengajarkan kita untuk menghormati dan menghargai nama seseorang, karena nama adalah sebuah identitas yang sangat penting bagi setiap individu. Kita harus selalu berusaha untuk memanggil orang dengan nama yang benar dan tidak mempermainkan atau menghina nama orang lain.

Namun tak jarang orang melakukan perubahan nama lahirnya. Mengubah nama adalah suatu hal yang mungkin dilakukan oleh seseorang karena beberapa alasan seperti ingin mengganti nama yang kurang disukai, ingin mengambil nama suami atau istri setelah menikah, atau mungkin juga karena alasan budaya atau agama. Hal tersebut sedang ramai terjadi di Kota Bandung, pada tahun 2021 sebanyak 605 orang melakukan permohonan perubahan nama, perubahan nama terbanyak terjadi pada akhir tahun dan awal tahun dimana tercatat pada Bulan Februari tahun 2021 terdapat 83 permohonan perubahan nama.

Apakah perubahan nama sedang jadi trend dikalangan wargi Bandung semua?
Jika wargi Bandung ingin melakukan perubahan nama, wargi Bandung dapat berkunjung ke Pemerintah kewilayahan atau langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.