Ramai-Ramai Meninggalkan Kota

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, August 2023 • 91

Fenomena perpindahan penduduk di kota-kota besar seperti Kota Bandung merupakan hal yang lumrah terjadi. Arus urbanisasi, baik masuk maupun keluar kota terus terjadi setiap tahunnya. Namun di tahun 2022, jumlah penduduk yang keluar Kota Bandung lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk yang masuk. Berdasarkan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, sebanyak 78.325 jiwa ramai-ramai meninggalkan Kota Bandung di tahun 2022. Sementara jumlah penduduk yang masuk tercatat sebanyak 68.823 jiwa.

Jika dilihat berdasarkan wilayah kecamatannya, jumlah pindah keluar yang paling tinggi terjadi di Kec. Kiaracondong, yakni sebanyak 4.472 jiwa. Disusul Kec. Bandung Kulon sebanyak 4.330 jiwa dan Kec. Babakan Ciparay sebanyak 4.087 jiwa. Sementara untuk wilayah timur kota, arus perpindahan penduduk keluar Kota Bandung cenderung lebih rendah dibandingkan wilayah lainnya.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.