Penyakit Terbanyak di IGD RSUD Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Rendi Kustiawan Fri, March 2023 • 157

Tahukah Dulur Data? Berdasarkan data yang diperoleh dari RSUD Kota Bandung, pada tahun 2022 terdapat 23.605 pasien yang ditangani oleh IGD RSUD Kota Bandung. Dari banyaknya penyakit yang ditangani oleh IGD RSUD Kota Bandung, terdapat 10 penyakit yang paling banyak diderita oleh pasien. Apa saja penyakitnya, silahkan simak grafiknya!

Di tahun 2022, penyakit terbanyak di IGD RSUD Kota Bandung adalah asthma, unspecfied dengan jumlah 726 pasien. Asthma merupakan jenis penyakit yang dapat menimpa segala usia. Biasanya kondisi ini sering disebabkan oleh debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, aktivitas fisik, infeksi virus hingga paparan zat kimia. Namun, sampai saat ini penyebab utama asthma belum diketahui secara pasti. Kendati demikian, pengidap asthma terbukti memiliki saluran pernafasan yang sensitif.

Lalu, penyakit kedua terbanyak adalah dyspepsi dengan jumlah 715 pasien. Dysepsi ini merupakan suatu kondisi yang dapat mengakibatkan munculnya rasa tidak nyaman pada perut bagian atas karena masalah asam lambung atau penyakit maag. Meski demikian, dyspepsi sebenarnya bukan mengindikasikan suatu penyakit, melainkan gejala dari masalah kesehatan yang terjadi pada pencernaan. Perlu diwaspadai, dyspepsi yang tidak segera mendapatkan penanganan bisa berkembang menjadi kondisi kesehatan yang lebih serius. 

Yuk jangan lupa jaga kesehatan karena sehat itu bukan suatu kemewahan. Sehat itu murah, tetapi menjadi mahal ketika sehat itu menjadi sakit.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.