Lalu Lalang Angkot di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, December 2022 • 199

Meskipun sudah banyak warga perkotaan yang beralih ke moda transportasi online untuk menunjang mobilitasnya sehari-hari, namun moda transportasi angkot masih tetap eksis di Kota Bandung hingga saat ini, lho. Menurut data dari Dinas Perhubungan Kota Bandung, jumlah trayek angkot yang masih beroperasi hingga tahun 2021, tercatat sebanyak 38 trayek. Ternyata masih lumayan banyak juga kan?! Nah, Dulur Data sendiri sudah pernah mencoba berapa trayek angkot nih di Kota Bandung?!

Adapun jika melihat jumlah armadanya hingga tahun 2021, tercatat sekitar 5.497 armada angkot yang masih berseliweran mengangkut penumpang di jalanan Kota Bandung. Jumlah armada angkot yang paling banyak, dicatatkan oleh angkot jurusan Abdul Muis – Cicaheum via Binong dengan 355 armada. Sementara jumlah armada angkot yang paling sedikit, dicatatkan oleh angkot jurusan Abdul Muis – Mengger dengan 25 armada.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.