Akses Jamban Sehat di Kota Bandung Terus Meningkat

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, March 2023 • 164

Tahukah Dulur Data?! Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat akan mengakibatkan menyebarnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan. Untuk itu, diperlukan jamban sehat yang dapat mencegah kontaminasi tinja terhadap sumber air, kontak fisik dengan manusia, serangga atau hewan lain, serta mencegah timbulnya bau tak sedap.

Melihat betapa pentingnya fungsi dari jamban sehat ini, lalu sudah seperti apakah akses warga Kota Bandung terhadap jamban sehat ini?!

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bandung, persentase keluarga dengan akses terhadap jamban sehat terus meningkat selama periode tahun 2019 hingga 2021. Bahkan di tahun 2021, sudah lebih dari ¾ dari seluruh keluarga di Kota Bandung dapat mengakses jamban sehat ini. Tentunya angka ini diharapkan bisa terus bertambah, hingga pada akhirnya seluruh warga Kota Bandung dapat mengakses jamban sehat dalam kehidupannya sehari-hari.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.