Yuk, Mulai Hidup Bersih dan Sehat dari Rumah Sendiri!

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, April 2023 • 104

Pernahkah dulur data mendengar istilah PHBS?! PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan ajakan pemerintah kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, yang bisa dimulai dari diri sendiri, rumah tangga, sekolah, hingga lingkup masyarakat yang lebih luas. Di lingkup rumah tangga, PHBS dapat dilakukan dengan menerapkan 10 indikator, antara lain: Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif, menimbang bayi dan balita secara berkala, cuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, mengonsumsi sayur dan buah, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.

Dinas Kota Bandung mencatat, dari total 154.346 rumah tangga yang dipantau pada tahun 2021, sebanyak 97.979 rumah tangga telah menerapkan PHBS atau jika dipresentasekan mencapai 63.5%. Jika dilihat berdasarkan sebaran per kecamatannya, Kecamatan Buahbatu mencatatkan persentase rumah tangga ber-PHBS tertinggi di Kota Bandung, yakni sebesar 95.3%. Sementara itu, persentase terendah rumah tangga ber-PHBS di Kota Bandung pada tahun 2021, dicatatkan oleh Kecamatan Bandung Wetan dengan persentase sebesar 9.4%. Selain itu, sebanyak 14 kecamatan memiliki angka persentase rumah tangga ber-PHBS yang masih di bawah persentase tingkat Kota Bandung. Jadi, yuk wargi Bandung, kita giatkan lagi PHBS di lingkungan rumah kita!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.