Yuk, Baca Buku Lagi di Perpustakaan!

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Fri, September 2023 • 90

Tahukah Dulur Data, setiap tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan?! Peringatan ini ditetapkan berdasarkan usulan Kepala Perpustakaan Nasional RI melalui surat Nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995 kepada Presiden Soeharto. yang kemudian diresmikan oleh presiden pada tanggal 14 September 1995. Tentunya peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat membaca buku masyarakat, terutama di perpustakaan. Lalu bagaimana kunjungan ke perpusatakaan di Kota Bandung sendiri?

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung, kunjungan ke Perpustakaan Daerah Kota Bandung mengalami peningkatan sebesar 25% pada tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya. Sayangnya momentum peningkatan ini tidak bisa berlanjut di tahun 2020 karena pandemi covid-19 mulai mewabah di seluruh dunia. Kondisi ini memaksa pembatasan aktifitas yang menimbulkan kerumunan, termasuk ditiadakannya kunjungan ke perpustakaan selama kasus covid-19 masih tinggi guna meminimalisir penularan.

Seiring dengan semakin meredanya kasus covid-19, kunjungan ke perpustakaan pun sudah dibuka kembali. Jadi, yuk Dulur Data, kita ramaikan lagi perpustakaan sembari menimba ilmu lewat buku-buku yang tersedia di sana!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.