Para Pejuang Rupiah

Visualisasi & Narasi oleh Arif Firmansyah Tue, July 2022 • 241

Dalam rangka menekan tingkat pengangguran di Kota Bandung, Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung senantiasa mengadakan job fair di setiap tahunnya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pihak perusahaan dan pencari kerja. 

Di masa pandemi ini, kehadiran job fair sangat dinantikan oleh masyarakat. Karena tidak sedikit para pekerja yang kehilangan pekerjaannya, begitu pula dengan pihak perusahaan yang terpaksa melakukan PHK terhadap karyawannya. 

Berdasarkan data lowongan kerja tahun 2019-2021, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan mengenai jumlah lowongan kerja antara sebelum dan setelah pandemi. Pada awal pandemi tahun 2020, persentase lowongan kerja turun sebesar 59,19% dari tahun sebelumnya. Namun, jumlah lowongan kerja tersebut masih dapat menampung para pencari kerja pada tahun 2020 sebanyak 4.635 orang.

Dari data diatas terlihat, walaupun ada penurunan jumlah lowongan kerja dari sebelum pandemi, namun jumlahnya selalu lebih besar dari para pencari kerja. Ini menjelaskan bahwa lapangan pekerjaan di Kota Bandung masih terbuka untuk mereka yang terus berusaha.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.