Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Perangkat Daerah Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, August 2023 • 70

Sebagai pelayan masyarakat, setiap perangkat daerah harus bisa memuaskan ekspektasi dari masyarakat dalam menerima layanan yang diterimanya. Untuk mengukur tingkat kepuasan ini, maka dilakukan survei kepuasan masyarakat yang nantinya akan menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan 9 indikator yang diukur, diantaranya: persyaratan, prosedur, waktu, biaya/tarif, produk, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan serta sarana dan prasarana.

Lalu bagaimana potret kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bandung?

Pada tahun 2022, dari 60 perangkat daerah yang ada, sebanyak 12 perangkat daerah mendapat huruf mutu pelayanan A atau sangat baik dengan rentang nilai 88,31-100 pada semester 1. Sementara di semester 2, perangkat daerah dengan mutu pelayanan sangat baik bertambah menjadi 20 perangkat daerah. Adapun 5 perangkat daerah Kota Bandung dengan nilai IKM tertinggi di tahun 2022 antara lain: BKPSD, Kec. Babakan Ciparay, Bapenda, Kec. Coblong dan Kec. Sukasari.

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.