PAUD Holistik Integratif di kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, January 2023 • 149

Sejak tahun 2013, pemerintah menetapkan strategi nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) melalui Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2013. PAUD-HI adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. PAUD-HI bertujuan menyediakan layanan bagi anak usia dini yang diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antarlembaga layanan melalui komitmen semua unsur terkait.

Kota Bandung sendiri. mencatat sebanyak 506 sekolah PAUD-HI hingga tahun 2021. Jika dilihat berdasarkan sebaran per kecamatan, Kec. Ujungberung memiliki PAUD-HI terbanyak dengan 34 sekolah. Disusul oleh Kec. Bandung Wetan dengan 33 sekolah. Dengan semakin banyaknya PAUD-HI, maka diharapkan layanan holistik bagi anak usia dini di Kota Bandung akan semakin terjamin.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.