Tahun 2000, Awal Invasi Mall Modern

Visualisasi & Narasi oleh Irfan Dary Thu, June 2022 • 596

Pusat perbelanjaan modern seperti mall seringkali dijadikan sebagai pertanda berkembangnya sebuah kota menjadi lebih metropolis, berwatak urban, dan dekat dengan modernitas. Dalam beberapa kasus, hadirnya mall tak hanya membawa arus modal dan keramaian, tapi juga perubahan gaya hidup untuk warga kota. Bahkan belakangan, aktifitas utama di mall tidak melulu tentang belanja, tapi mulai merambah ke cara menghabiskan waktu luang seperti nonton di bioskop, makan dan ngopi cantik, hingga membakar kalori di pusat kebugaran.

Dalam kurun 30 tahun terakhir, Kota Bandung pun tak luput dari perubahan budaya ini. Pusat perbelanjaan modern dan semi modern mulai banyak bermunculan di berbagai penjuru kota sejak era akhir 80-an, ditandai dengan berdirinya mall modern pertama di Kota Bandung yaitu Bandung Indah Plaza.

Maraknya pertumbuhan mall ini sangat terasa pada dekade awal tahun 2000. Pada visualisasi diatas, kemunculan mall ditandai dari titik merah yang berkedip sesuai garis waktu di bagian bawah. Hal ini menunjukkan pembangunan mall nyaris tidak berhenti sejak tahun 2000 hingga 2008 meskipun setelahnya masih ada pembangunan beberapa mall dengan intensitas yang lebih kecil. 

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.