Sekolah Negeri Masih Jadi "Pilihan Utama" di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Thu, June 2023 • 116

Ada berbagai pertimbangan yang diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah bagi anaknya. Dimulai dari pertimbangan jarak, akreditasi sekolah, fasilitas sekolah hingga pertimbangan biaya yang harus dikeluarkan. Khusus untuk pertimbangan biaya, memilih sekolah negeri bisa menjadi solusi. Hal ini dikarenakan, berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 34 ayat 2, menyebutkan bahwa: "Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya". Itulah sebabnya sekolah negeri di jenjang SD dan SMP masih menjadi "pilihan utama", termasuk di Kota Bandung.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Bandung pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023. rata-rata jumlah siswa per rombel (rombongan belajar) di sekolah negeri lebih banyak dibandingkan sekolah swasta, baik di jenjang SD maupun SMP. Begitu pun dengan rata-rata jumlah siswal per sekolah. Pada jenjang SD, rata-rata jumlah siswa per sekolah di SD negeri mencapai dua kali lipat dibanding SD swasta. Bahkan untuk jenjang SMP, rata-rata jumlah siswa per sekolah di SMP negeri mencapai tiga kali lipat dibanging SMP swasta. Hal ini menunjukkan bahwa pilihan untuk masuk ke sekolah negeri pada jenjang SD dan SMP di Kota Bandung masih cukup tinggi.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.