Yuk Nonton Film di Bioskop!

Visualisasi & Narasi oleh Rendi Kustiawan Fri, March 2023 • 108

Tahukah Dulur Data? Setiap tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional. Penetapan 30 Maret sebagai Hari Film Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1999, dimana pada 30 Maret 1950 untuk pertama kalinya sebuah film diproduksi oleh perusahaan Indonesia dan disutradarai oleh orang Indonesia. 

Untuk mendukung industri perfilman di Indonesia, Pemerintah Kota Bandung berupaya memberikan izin usaha kepada pengusaha untuk membangun bisnis bioskop baik itu bioskop perorangan maupun bioskop dengan brand ternama seperti XXI, CGV, dsb. Namun dengan syarat yang tentunya harus sudah dipenuhi oleh para pengusaha.

Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, hingga tahun 2022, terdapat 16 layar bioskop yang tersebar di berbagai wilayah Kota Bandung. Layar bioskop terbanyak ada di 3 kecamatan Kota Bandung, yakni Kecamatan Cicendo, Bandung Wetan dan Sumur Bandung dengan masing-masing wilayah terdiri dari 2 layar. 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.