Sumur Resapan, Alternatif Solusi Banjir di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, March 2023 • 104

Terletak di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung, salah satu potensi bencana yang menjadi ancaman cukup besar bagi Kota Bandung adalah banjir, terutama ketika memasuki musim penghujan. Untuk menghadapi dan meminimalisir ancaman tersebut, beberapa alternatif solusi telah direalisasikan oleh Pemerintah Kota Bandung, salah satunya dengan membuat sumur resapan.

Tercatat di tahun 2021, terdapat sebanyak 115 titik yang menjadi lokasi pembuatan sumur resapan. Jumlah tersebut meningkat 40% dibanding tahun sebelumnya. Adapun wilayah kecamatan yang memiliki jumlah lokasi sumur resapan terbanyak adalah Kecamatan Ujungberung dengan 28 titik lokasi selama tahun 2020 hingga 2021.

Sementara jika dilihat dari jumlah sumur resapan yang dibuat, total sebanyak 647 buah sumur sudah dibuat di tahun 2021. Jumlah tersebut meningkat cukup pesat sebesar 79% dibanding tahun 2020. Di samping itu, Kecamatan Sukajadi menjadi kecamatan dengan jumlah sumur resapan terbanyak di tahun 2021, yakni sebanyak 112 buah sumur.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.