Lindungi si Kecil Dari Pneumonia

Visualisasi & Narasi oleh Arif Firmansyah Mon, August 2022 • 889

Pneumonia merupakan penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Selain itu, pneumonia juga bisa disebabkan oleh jamur walaupun angka kasus penyebab jamur ini sangat jarang. Penyakit pneumonia bisa dialami oleh siapa saja, tetapi bayi usia di bawah 2 tahun umumnya lebih rentan terkena pneumonia.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, pada tahun 2015 terdapat 16.030 balita yang mengidap pneumonia, terdiri dari 8.505 balita laki-laki (53,06%) dan 7.525 balita perempuan (46,94%). Menurut data tersebut, dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2021 balita laki-laki lebih banyak mengidap pneumonia dibandingkan dengan balita perempuan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen untuk menurunkan angka kematian Balita karena pneumonia sebagai bagian dari prioritas nasional, termasuk melalui pelaksanaan imunisasi Pneumococcus Conjugated Vaccine (PCV) secara bertahap dan mencakup seluruh Indonesia pada tahun 2024. Pemerintah Kota Bandung mendukung komitmen tersebut sehingga dari tahun ke tahun angka kasus balita penderita pneumonia di Kota Bandung berangsur-angsur mengalami penurunan.

Jangan biarkan pneumonia terjadi pada anak, apalagi menyebabkan kondisi yang lebih serius. Pastikan untuk menjaga kebersihan serta penuhi kebutuhan nutrisi anak, dan jangan lupa untuk memberikan imunisasi PCV sesuai jadwal.

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.