Seru-seruan di Bandung Dengan Boseh

Visualisasi & Narasi oleh Muhammad Mulyawan Mon, July 2022 • 275

Menikmati suasana Kota Bandung kini bisa dilakukan Dulur Data dengan memanfaatkan fasilitas Bandung Bike Sharing atau Bike on The Street Everybody Happy (BOSEH) yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung. BOSEH adalah fasilitas penyewaan sepeda di Kota Bandung yang mulai dioperasikan pada 3 Juli 2017. Dalam bahasa Sunda boséh berarti kayuh atau mengayuh dan diharapkan dengan adanya fasilitas BOSEH ini, Dulur Data bisa bermain sepeda dengan bahagia.

Untuk menikmati fasilitas BOSEH, Dulur Data bisa datang ke booth registrasi BOSEH yang saat ini berada di beberapa lokasi yaitu Taman Cibeunying dan Alun-alun Bandung. Sebelum melakukan registrasi, Dulur Data harus menyiapkan salah satu kartu identitas seperti KTP, kartu pelajar, KIA, fotokopi KK, atau paspor. Hingga tahun 2021, jumlah warga yang melakukan pendaftaran untuk menikmati fasilitas BOSEH mencapai 13.304 dengan pendaftaran tertinggi berada di tahun 2020.

Setelah memiliki kartu member, Dulur Data dapat menggunakan sepeda di dock (tempat parkir sepeda) manapun, dan dapat mengembalikan sepeda ke dock manapun. Hingga tahun 2021, pengguna BOSEH mencapai 42.919 dengan jumlah peminjam tertinggi berada di tahun 2019. 

Melihat hasil akumulasi data pengguna BOSEH selama tiga tahun terakhir yang mencapai angka puluhan ribu, upaya Pemerintah Kota Bandung dalam menyediakan alternatif moda transportasi bisa dibilang cukup berhasil.

Yuk Dulur Data manfaatkan fasilitas Bike on The Street Everybody Happy (BOSEH) untuk hepi-hepi menikmati suasana Kota Bandung dan jangan lupa jaga fasilitas umumnya yaaa!!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.