Malam yang Dingin di Musim Kemarau

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, July 2023 • 98

Akhir-akhir ini, wilayah Kota Bandung dan sekitarnya diliputi oleh udara dingin yang cukup membuat warga menambahkan baju hangat untuk dikenakan, terutama di malam dan pagi hari. Suhu dingin ini sempat mencapai 17 derajat celcius pada tanggal 18 Juli lalu. Bahkan, di Kabupaten Bandung Barat yang terletak di dataran lebih tinggi, suhu terendahnya mencapai angka 15.6 derajat celcius. Lalu, apakah fenomena udara dingin di puncak musim kemarau ini sudah seringkali terjadi di Kota Bandung?

Berdasarkan data suhu mininum bulanan Kota Bandung yang dihimpun BMKG selama 3 tahun terkahir, yakni periode tahun 2020 hingga 2022, setiap memasuki puncak kemarau, khususnya bulan Juli, Kota Bandung memang kerap kali dliputi oleh udara dingin. Bahkan di bulan Juli tahun 2020, suhu terendahnya sempat tercatat di angka 16 derajat celcius. Menurut Kepala Stasiun BMKG Kota Bandung yang dikutip dari laman viva.co.id, suhu dingin ekstrem memang cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau, terutama di malam hari.

Jadi, persiapkan baju hangatmu ya, untuk menemani malam-malam di sisa musim kemarau ini!

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.