Pos Pengeluaran Per Bulan Warga Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Fri, October 2023 • 155

Hidup di perkotaan besar, seperti Kota Bandung, tentunya harus piawai dalam mengelola pengeluaran agar tidak tekor. Biaya hidup yang lebih tinggi dibanding di pedesaan, membuat warga perkotaan harus lebih cermat dan bijak dalam membagi pos-pos pengeluaran setiap bulannya, bahkan bila perlu mereduksi pos pengeluaran yang tidak terlalu urgen agar bisa menabung. Lalu bagaimana gambaran pos-pos pengeluaran warga Kota Bandung setiap bulannya?

Berdasarkan data yang dihimpun BPS pada tahun 2022, rata-rata pengeluaran per kapita sebulan penduduk Kota Bandung mencapai Rp 2.078.106. Dari pengeluaran sebanyak itu, sebesar 59%nya digunakan untuk pengeluaran kelompok bukan makanan, dengan pos pengeluran tertinggi digunakan untuk biaya perumahan dan fasilitas rumah tangga. Sementara untuk kelompok makanan. pos pengeluaran tertinggi digunakan untuk biaya membeli makanan dan minuman jadi.

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.