Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, June 2023 • 94

Setiap Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah), umat muslim sangat dianjurkan untuk menjalankan ibadah kurban, yakni penyembelihan hewan ternak dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Namun tidak semua hewan ternak bisa dikurbankan, karena jenis hewan tersebut sudah diatur dalam syariat. Di Indonesia sendiri, umat muslim biasanya berkurban dengan menyembelih sapi, kerbau, domba ataupun kambing. Lalu bagaimana potret penyembelihan hewan kurban di Kota Bandung?

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Ketahanan Pamgam dan Pertanian Kota Bandung selama periode tahun 2016-2022, penyembelihan domba kurban mengalami tren penurunan tiap tahunnya. Sempat mencapai dua kali lipat dari jumlah sapi yang dikurbankan di tahun 2016, penyembelihan domba kurban terus menurun. Bahkan pada tahun 2022, jumlah kurban domba berada di bawah jumlah kurban sapi. Untuk kurban sapi sendiri, trennya cenderung fluktuatif di angka 6000-8000-an ekor tiap tahunnya.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.