"Rumah Sehat" di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Wed, April 2023 • 128

Tahukah dulur data, sebuah rumah dikatakan sehat jika telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Menurut Kemenkes RI, syarat sebuah rumah dikatakan sehat jika telah memenuhi syarat dalam 10 kriteria, diantaranya: material bangunan, penataan ruang, pencahayaan, kualitas udara, ventilasi, bebas dari binatang penyebar penyakit, akses air bersih, penyimpanan makanan, pengelolaan limbah rumah tangga dan kepadatan penghuni rumah. Lalu bagaimana dengan potret rumah sehat di Kota Bandung?!

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bandung, persentase rumah sehat di Kota Bandung mengalami pasang surut selama periode tahun 2015 hingga 2021. Setelah sempat menyentuh angka 85% di tahun 2018, persentase rumah sehat turun cukup signifikan di tahun 2019 hingga menyentuh angka 70%. Penurunan ini berbarengan dengan penambahan rumah yang dipantau di tahun tersebut, sebanyak kurang lebih 36 ribu rumah. Dua tahun selanjutnya, persentase rumah sehat mulai meningkat kembali, hingga di tahun 2021 mencapai angka 74.4%.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.