Banyaknya Tempat Umum yang Memenuhi Syarat Kesehatan, Tak Berarti Kewaspadaan Menurun Bukan?

Visualisasi & Narasi oleh Irfan Dary Mon, September 2022 • 302

Apa yang kira-kira terlintas di pikiran apabila mendengar kata tempat umum? Sekolah? Rumah sakit? Tempat beribadah? Restoran? Yap! Semuanya benar! Dulur data tahu tidak? Tempat umum itu ternyata ada syarat kesehatannya loh. Tempat-tempat umum yang memenuhi syarat kesehatan sempat mengalami penurunan nih. Menurut data dari Portal Data Kota Bandung, penurunan yang cukup drastis terjadi pada tahun 2019 kemarin. Penurunan tersebut hampir mencapai 20% dari jumlah tempat-tempat umum di Kota Bandung.

Eitts! Tapi tenang aja, tempat-tempat umum yang memenuhi syarat kesehatan juga mengalami lonjakan yang signifikan kok. Lonjakan itu terjadi di tahun 2020 kemarin. Besar terjadinya lonjakan tersebut dikarenakan pada tahun 2020 adalah awalnya Covid-19 memasuki Indonesia. Jadi, bukan hal yang aneh apabila tempat-tempat umum yang memenuhi syarat kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas meningkat.

Dengan meningkatnya tempat-tempat umum yang memenuhi syarat kesehatan, bukan berarti teman-teman dapat mengendurkan kewaspadaan ya!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.