Para Pahlawan Pendidikan Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, May 2023 • 95

Setiap tanggal 2 Mei di Indonesia, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Selain dilatarbelakangi dari hari lahirnya Bapak Pendidikan Nasional, yakni Ki Hajar Dewantara, Hari Pendidikan Nasional juga merupakan suatu apresiasi bagi seluruh insan di dunia pendidikan nasional. Termasuk apresiasi atas semua jasa yang telah diberikan oleh para guru eebagai tenaga pendidik serta para tenaga kependidikan lainnya yang telah mengabdikan diri untuk memajukan pendidikan bagi para generasi penerus di seluruh penjuru negeri, termasuk di Kota Bandung. 

Lalu bagaimana potret para pendidik serta tenaga kependidikan (PTK) di Kota Bandung, khususnya untuk jenjang SD dan SMP?!

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Bandung pada Semeseter Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023, total guru SD dan SMP di Kota Bandung berjumlah 14.283 orang dengan lebih dari setengahnya tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Begitu pun dengan kepala sekolah SD dan SMP yang tercatat sebanyak 632 orang, lebih dari setengahnya berstatus sebagai ASN. Sementara untuk tenaga kependidikan lainnya seperti pegawai TU, pustakawan, laboran dan sebagainya, dari total sebanyak 3.242 orang, sekitar 11 persen berstatus sebagai ASN.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.