Menjamurnya Lapang Futsal di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, October 2022 • 188

Keterbatasan lahan biasanya menjadi salah satu kendala masyarakat di perkotaan untuk menemukan lapangan olahraga, salah satunya lapang futsal. Namun hal itu tak berlaku bagi warga Kota Bandung. Pasalnya hingga tahun 2020, jumlah lapang futsal yang ada di Kota Bandung mencapai 125 buah.

Lapang futsal di Kota Bandung sendiri tersebar di seluruh kecamatan yang ada, namun cenderung lebih banyak di wilayah perbatasan kota. Tengok saja Kec. Buahbatu yang memiliki 10 buah lapang, disusul Kec. Gedebage dengan 9 buah lapang serta Kec. Bandung Kulon dan Kec. Babakan Ciparay masing-masing dengan 8 buah lapang futsal.

Banyaknya peminat futsal di daerah perbatasan hingga lebih rendahnya harga sewa lahan dibanding daerah pusat kota, bisa jadi faktor penyebab fenomena tersebut terjadi. Kalau menurut Dulu Data, faktor apa lagi ya, yang menyebabkan lapang futsal lebih banyak terdapat di wilayah perbatasan kota?!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.