Kapasitas TPS di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, August 2023 • 217

Kejadian kebakran di TPA Sarimukti menjadikan TPA tersebut harus ditutup sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini berimbas pada tertahannya pengangkutan sampah-sampah yang berasal dari wilayah Bandung Raya, termasuk Kota Bandung. Tentunya hal ini berpotensi pada penumpukan sampah di TPS-TPS yang ada di Kota Bandung hingga overload. Lalu seberapa besar kapasitas TPS yang ada di Kota Bandung untuk menampung sementara sampah-sampah yang dihasilkan oleh warga kota?

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung tahun 2022, terdapat 135 TPS yang tersebar di 29 kecamatan dengan rata-rata sampah yang masuk per harinya mencapai 2.140.5 m3 dan rata-rata ritasi pengangkutan sebanyak 204 rit per hari. Jika dilihat berdasarkan kecamatan, Batununggal menjadi kecamatan dengan jumlah TPS dan rata-rata ritasi pengangkutan harian terbanyak, yakni 14 unit TPS dengan 16 rit pengangkutan per hari. Sementara jika dilihat dari rata-rata sampah yang masuk per hari, Kiaracondong menjadi yang tertinggi, yakni sebanyajk 170 m3 per hari


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.