Bandung Kota Fashion

Visualisasi & Narasi oleh Arif Firmansyah Tue, August 2022 • 1082

Kota Bandung merupakan kota yang menarik bukan hanya dari segi tata kota dan suasananya saja, namun juga dikenal oleh para wisatawan sebagai kota wisata belanja, khususnya fashion. Dan seakan terdoktrin, sebagian besar wisatawan ketika datang ke Bandung biasanya selalu menyempatkan diri untuk berbelanja, hal ini sudah eksis lebih dari 100 tahun yang lalu.

Kota Bandung juga mendapatkan julukan “Parijs Van Java”. Julukan tersebut pertama kali dikemukakan dan dipopulerkan orang-orang Belanda. Salah satu orang Belanda yang mempopulerkan julukan tersebut merupakan pedagang bernama Roth. Pada tahun 1920, Roth memanfaatkan kalimat “Parijs Van Java” sebagai salah satu cara promosi produk-produk fashion yang akan dipasarkan di pasar malam tahunan jaarbeurs atau saat ini lebih dikenal dengan Jalan Aceh. Kalimat “Parijs Van Java” menjadi kian penting untuk mempromosikan dagangan dikarenakan pada saat itu Kota Paris di Prancis menjadi kiblat atau pusat mode dunia.

Sampai saat ini pun masih melekat predikat Kota Bandung sebagai kiblat fashion Indonesia. Hal ini dikarenakan Kota Bandung menjadi salah satu wilayah yang dikenal memiliki sejarah dan kemajuan industri yang cukup pesat khususnya, dibidang fashion dan style.

Menurut data dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, pada tahun 2021 industri konveksi dan fashion menjadi industri dengan jumlah terbesar dengan 158 industri yang bergerak dibidang ini serta melibatkan tenaga kerja sebanyak 28.912 orang. Maraknya industri dan tenaga kerja dalam bidang konveksi dan fashion semakin menjadikan Kota Bandung menjadi salah satu pusat tekstil terbesar di Indonesia.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.