Koperasi Tetap Eksis Hingga Kini

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Thu, August 2023 • 139

Tahukah Dulur Data, setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi Indonesia?! Penetapan tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi Indonesia merupakan salah satu keputusan dari penyelenggaraan Kongres Koperasi I tahun 1947 di Tasikmalaya. Hingga saat ini, koperasi masih eksis di seluruh pelosok tanah air untuk ikut menggerakan ekonomi masyarakat dengan semangat gotong royongnya. Lalu, bagaimana dengan koperasi yang ada di Kota Bandung?!

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman SIAPIK (Sistem Aplikasi Informasi Koperasi) Dinas KUKM Kota Bandung, hingga bulan Juni 2023, terdapat 716 unit koperasi yang masih aktif dengan total anggota sebanyak 136.438 orang. Jika dilihat berdasarkan jenisnya, koperasi konsumen merupakan yang paling banyak di Kota Bandung, bahkan jumlahnya mencakup 3/4 dari jumlah koperasi yang ada di Kota Bandung.

Selain koperasi konsumen yang menjual barang-barang konsusmsi sehari-hari, di Kota Bandung juga terdapat koperasi pordusen, koperasi simpan pinjam, koperasi jasa dan koperasi pemasaran.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.