Mengasihi SI Kecil dengan ASI

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Wed, July 2023 • 73

Tahukah Dulur Data, setiap pekan pertama di bulan Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week?! Peringatan ini bertujuan untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan ASI hingga berusia 24 bulan atau lebih. Di Indonesia sendiri, pemenuhan hak tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 33 Tahun 2012 Tentang Pemberian ASI Eksklusif yang menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapatkan ASI Eksklusif sejak dilahirkan sampai berusia enam bulan. Lalu bagaimana potret ASI Eksklusif ini di Kota Bandung?

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bandung dari tahun 2015 hingga 2022, persentase cakupan ASI Ekslusif di Kota Bandung cenderung mengalami tren peningkatan. Pada tahun 2015, capaian ASI Ekslusif hanya sekitar 54,25%. Setelah 7 tahun berselang, tepatnya di tahun 2022, capaian ASI Ekslusif ini sudah mencapai angka 74,06%. Sementara dari segi jumlah, bayi ASI Eksklusif mengalami penurunan signifikan dari tahun 2020 karena imbas munculnya wabah covid-19 yang menyebabkan bayi yang direcall pun terbatas.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.