Kondisi Jalan di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Thu, May 2023 • 103

Akhir-akhir ini, berita tentang kondisi jalan yang rusak di berbagai daerah di tanah air menjadi sorotan publik karena kondisi jalanan yang rusak tersebut tak kunjung diperbaiki. Bahkan Presiden Joko Widodo pun, akhirnya membuka kanal pengaduan jalan rusak melalui DM akun instagram beliau, agar bisa segera ditindaklanjuti oleh stakeholder terkait. Lalu bagaimana dengan kondisi jalan yang ada di Kota Bandung sendiri?

Berdasarkan data hasil survei Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung pada tahun 2021, dari total 1.048 km jalan yang disurvei dan menjadi kewenangan Pemerintah Kota Bandung, lebih dari 3/4 nya dalam kondisi baik, yakni sepanjang 826 km. Sementara untuk jalan dengan kondisi rusak, tercatat sepanjang 22 km jalan rusak ringan dan 32 km jalan rusak berat, atau jika dikumulatifkan, maka persentase jalan dengan kondisi rusak ringan maupun berat adalah sebesar 5,2%. Selain itu, sepanjang 168 km jalan dalam kondisi sedang atau sebesar 16%.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.