Kemarau Datang, Diare Menghadang

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, May 2023 • 118

Salah satu penyakit yang sering muncul bersamaan dengan datangnya musim kemarau adalah diare. Cuaca yang panas dan kering serta kurangnya pasokan air bersih menyebabkan bakteri penyebar diare mudah masuk ke dalam tubuh. Ditambah dengan kebiasaan jajan sembarangan tanpa memperhatikan kebersihan, menjadi pemicu lain timbulnya penyakit ini. Lalu bagaimana gambaran kejadian kasus diare di Kota Bandung sendiri?

Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Kota Bandung, jumlah kasus diare yang dilayani puskesmas di Kota Bandung cenderung fluktuatif selama periode 2015-2019. Sempat menurun di tahun 2016, kasus diare yang dilayani melonjak di tahun 2017 dan 2018. Namun di tahun 2019, kasus diare yang dilayani kembali menurun dan tercatat sebanyak 51.267 kasus atau jika di rata-ratakan, maka terdapat 140 kasus diare yang dilayani setiap harinya oleh puskesmas di Kota Bandung.

Sementara untuk periode 2020 dan 2021, menurunnya jumlah kasus diare yang dilayani dapat dikarenakan oleh menurunnya jumlah kunjungan langsung pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk puskesmas, di masa-masa pandemik. Oleh karena itu, kewaspadaan terhadap penyakit diare ini harus tetap ditingkatkan terutama ketika memasuki musim kemarau.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.