Kesempatan Kerja Kaum Hawa di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, March 2023 • 135

Tahukah Dulur Data?! Setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD), untuk merayakan perjuangan dan pencapaian kaum perempuan dalam mendapatkan hak-haknya yang sering terdiskriminasi. Salah satu hak perempuan yang disepakati dalam Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan yang diadakan oleh Komisi Kedudukan Perempuan PBB pada tahun 1979 adalah hak atas kesempatan karja. Lalu, bagaimana potret kesempatan kerja bagi kaum hawa di Kota Bandung?

Berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung dari tahun 2016 hingga 2021, terlihat bahwa persentase bursa kesempatan kerja perempuan cukup berimbang dengan laki-laki. Bahkan persentase bursa kerja perempuan tercatat lebih besar dibandingkan laki-laki pada tahun 2017, 2020 dan 2021. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi kaum hawa yang ingin meniti karirnya di Kota Bandung.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.