Jadikan Sampah untuk Mendulang Rupiah

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Fri, January 2023 • 193

Tahukah Dulur Data?! Selama periode tahun 2017-2022, tak kurang dari seribu ton sampah warga Kota Bandung, diangkut setiap harinya menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Untuk mengangkut sampah sebanyak itu, dibutuhkan tak kurang dari dua ratus rit per hari truk sampah yang wara-wiri mengangkut sampah kota menuju ke TPA. Hal ini harus dilakukan agar timbulan sampah tak terus menumpuk di sudut-sudut kota sehingga mencemari kebersihan dan keindahan kota. 

Namun demikian, solusi pengangkutan sampah ke TPA ini hanyalah solusi sementara dan bukan untuk jangka panjang. Karena jika sampah yang menumpuk di TPA terus dibiarkan bertambah tanpa terkendali, lama kelamaan permasalahan sampah ini akan menjadi bom waktu yang akan menimbulkan masalah yang lebih serius.

Untuk itu, mari Dulur Data..kita mulai mengurangi timbulan sampah dari sumber terdekat kita, yakni rumah kita sendiri! Dimulai dari hal sederhana seperti mengurangi penggunaan wadah atau peralatan sekali pakai, hingga memilah sampah sesuai dengan jenisnya agar bisa ditabung di bank sampah dan menghasilkan cuan. Yuk, kapan lagi Dulur Data?! Dari sampah, mari mendulang rupiah!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.