Informasi

Fasilitas Kesehatan Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Rendi Kustiawan Fri, March 2023 • 159

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia dan juga sebagai kota terpadat kedua di Indonesia, sudah selayaknya Kota Bandung memiliki fasilitas kesehatan (faskes) yang lengkap untuk warganya. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Bandung, jumlah faskes yang tercatat di Kota Bandung sebanyak 861 faskes. Faskes tersebut terdiri dari berbagai macam fasilitas diantaranya adalah Praktek Dokter, Poliklinik, Puskesmas tanpa rawat inap, Rumah Bersalin, Rumah Sakit, Rumah Sakit Bersalin, Puskesmas rawat inap dan Puskesmas pembantu.

Di Kota Bandung, faskes Praktek Dokter memiliki jumlah yang cukup banyak yaitu 495 faskes, yang biasanya dilakukan pribadi/ perorangan, baik dokter umum, dokter gigi maupun dokter spesialis. Faskes Praktek Dokter tersebar di berbagai kecamatan di Kota Bandung dan kecamatan yang memiliki faskes Praktek Dokter terbanyak adalah Kecamatan Lengkong dengan jumlah 56 fakses.

Selain Praktek Dokter, Kota Bandung juga memiliki faskes lainnya salah satunya adalah Rumah Sakit. Rumah sakit di Kota Bandung terdiri dari berbagai macam kelas, yaitu terdapat kelas A, kelas B, Kelas C dan Kelas D. Kelas tersebut diklasifikasikan dengan fasilitas dan pelayanannya. Semakin baik fasilitas dan pelayanan maka semakin tinggi juga kelasnya.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.