Cegah TB dengan Vaksin BCG untuk Si Kecil

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, August 2023 • 104

Imunisasi BCG adalah vaksin yang bertujuan untuk melindungi bayi dari penyakit tuberkulosis (TB) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Selain menghindari penyakit tuberkulosis, vaksin BCG juga dapat mencegah terjadinya radang otak (meningitis) akibat dari komplikasi TB. Imunisasi ini diberikan hanya sekali ketika bayi berusia 0-1 bulan. Apabila tertunda, maka paling lambat imunisasi ini harus diberikan ketika usia bayi tidak lebih dari 2–3 bulan.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota Bandung, bayi yang menerima imunisasi BCG terlihat mengalami penurunan tren sejak tahun 2018. Sementara jika dilihat dari jenis kelamin, bayi yang menerima imuniasi BCG lebih banyak didominasi oleh bayi perempuan untuk tahun 2022, setelah dari tahun 2018, lebih didominasi oleh bayi laki-laki.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.