Bandung yang Makin Ramai dan Sempit

Visualisasi & Narasi oleh Irfan Dary Fri, August 2022 • 250

Pesatnya pertumbuhan penduduk biasanya sejalan juga dengan pertumbuhan hunian sebagai tempat individu bernaung. Hal yang sama juga terlihat di Kota Bandung, dimana pertumbuhan penduduk diikuti pula dengan pertumbuhan hunian baru ditinjau dari izin yang dikeluarkan.

 

Sisi lain yang terlihat adalah adanya perlambatan pertumbuhan yang cukup signifikan untuk jumlah hunian maupun jumlah penduduk. Di tahun 2020, tercatat jumlah izin hunian baru turun dari 78% ke 44%. Hal yang sama terjadi pula pada pertumbuhan jumlah penduduk yang turun dari 1,15% per tahun menjadi 0,83% per tahun.

 

Pertumbuhan populasi dan hunian ini dapat menimbulkan permasalahan kelayakhunian yang cukup berbahaya jika tidak disikapi dengan cermat. Akses air bersih, saluran limbah, dan penyediaan ruang publik bisa jadi masalah serius jika demografi ini tidak dikelola dengan baik.

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.