Naik TMB Lagi, Yuk!

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, August 2022 • 205

Dulur Data pasti sudah tidak asing dengan TMB kan?! Yap, TMB atau Trans Metro Bandung pertama kali beroperasi di tahun 2009 silam, sekaligus bertepatan dengan HUT Kota Bandung yang ke 199.

Dalam perjalanannya sebagai salah satu moda transportasi massal di Kota Bandung, tentunya sudah banyak penumpang yang diangkut oleh si "Tayo Biru" ini. Bahkan di tahun 2018, jumlah penumpang TMB sempat menembus angka sejuta lebih penumpang dalam setahun! Wow, banyak juga yah!

Namun, kondisi pandemi covid-19 di awal tahun 2020, mengharuskan mobilitas warga dibatasi. Hal ini berdampak pula pada jumlah penumpang TMB yang terus menurun hingga tahun 2021.

Seiring dengan semakin membaiknya kondisi pandemi, mobilitas warga pun mulai kembali normal. Jadi, yuk naik TMB lagi! Agar beban jalanan kota bisa berkurang akibat maraknya penggunaan kendaraan pribadi.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.