Anak Sungai Citarum di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Wed, March 2023 • 355

Seperti yang kita ketahui, Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Provinsi Jawa Barat. Berhulu di Situ Cisanti Kab. Bandung, sungai ini terus mengalir melintasi berbagai wilayah di Cekungan Bandung terus mengalir ke utara, hingga akhirnya bermuara di Laut Jawa. 

Kota Bandung sendiri, meskipun tidak dialiri langsung oleh sungai CItarum, namun masih dialiri oleh anak-anak sungainya. Tercatat sebanyak 15 anak sungai Citarum mengalir di wilayah Kota Bandung dengan total debit rata-rata maksimal mencapai 630 m3/detik. Debit air sebesar itu sudah cukup untuk mengisi sebanyak 42 ribu galon air mineral ukuran 15 liter dalam satu detik.

Dari 15 anak sungai yang ada, sebanyak 13 sungai bermuara langsung ke sungai Citarum. Sementara dua anak sungai lainnya bermuara di sungai Cibeureum dan sungan Cikeruh, meskipun pada akhirnya, kedua sungai tersebut bermuara juga ke sungai Citarum.

Sungai Cikapundung menjadi anak sungai Citarum di Kota Bandung dengan debit rata-rata maksimal terbesar, yakni mencapai 250 m3/detik, cukup jauh jika dibandingkan dengan anak-anak sungai lainnya. Maka tak heran jika sungai ini dioptimalkan menjadi alternatif wisata berkonsep Eco-Techno Riverpark melalui Teras Cikapundunng agar kebersihan dan kelestariannya tetap terjaga.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.