Suksesnya penurunan kasus TB Pada Anak

Visualisasi & Narasi oleh Arif Firmansyah Tue, September 2022 • 128

Tuberkulosis yang juga dikenal dengan TBC adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis. Penamaan “tuberculosis” pertama kali diciptakan oleh Johnson Schonlein pada tahun 1834. Penularan penyakit TBC bisa melalui percik renik (droplet) dari penderita yang mengandung bakteri TBC dan tidak diobati. Penyakit TBC masih banyak ditemukan, sekurang-kurangnya 500.000 anak menderita TBC setiap tahun di dunia. Di Indonesia, angka kasus penyakit TBC masih tergolong tinggi dari tahun ke tahun dan Indonesia mendapat peringkat kedua setelah India.

Sehubungan dengan hal tersebut, Indonesia berkomitmen untuk melakukan percepatan penanggulangan TBC untuk mencapai target eliminasi TBC pada tahun 2030. Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, pemerintah resmi meluncurkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 67/2021 tentang Penanggulangan TBC. 

Pemerintah Kota Bandung ikut serta dalam komitmen percepatan penanggulangan TBC tersebut dengan berbagai program yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung, sehingga pada tahun 2020 angka kasus TBC pada anak usia 0-14 tahun di Kota Bandung mengalami penurunan yang sangat signifikan. Lalu dimanakah angka kasus penurunan TB terbesar terjadi? selengkapnya dapat dilihat melalui grafik diatas.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.