Produksi Telur di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, June 2023 • 134

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, Kota Bandung menduduki peringkat kedua setelah Kota Jakarta Selatan dengan rata-rata konsumsi telur ayam ras tertinggi se-Indonesia, yakni sebanyak 3,445 butir/orang setiap minggunya. Tak ayal komoditas telur ayam ras menjadi salah satu penyumbang inflasi yang cukup signifikan di Kota Bandung. Bahkan di bulan Mei lalu, telur ayam ras menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar bersama dengan rokok kretek/filter, masing-masing sebesar 0,05%.

Tingginya permintaan telur ayam ras ini, tentunya perlu diimbangi dengan ketersediaan stok yang mencukupi agar harga komoditas ini tetap stabil. Untuk itu, selain disupply dari luar kota, pemenuhan stok telur ayam ras di Kota Bandung disupply dari para produsen di dalam kota juga lho?!

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung pada tahun 2022, produksi telur di Kota Bandung mencapai 121,5 ton, meningkat hampir 26 ton dari tahun sebelumnya. Kecamatan Buahbatu menjadi penyumbang produksi telur tertinggi dengan 9.160 kg, disusul Kecamatan Ujungberung dengan 8.545 kg dan Kecamatan Cibiru sebanyak 7.924 kg. Jika dilihat dari peta sebarannya, produksi telur di Kota Bandung lebih banyak terdapat di perbatasan, terutama di wilayah timur kota.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.