Jalan dengan Kondisi Baik Naik 6% dalam 5 tahun

Visualisasi & Narasi oleh Irfan Dary Sun, July 2022 • 821

Jalan darat menjadi hal yang paling penting dalam mobilitas banyak orang. Tanpa adanya akses jalan, pengguna kendaraan pribadi atau kendaraan umum akan sulit untuk mencapai tujuan seiring penetrasi pembangunan yang terhambat. Distribusi barang dari satu tempat ke tempat lainnya pun akan terganggu.

Jalan kota adalah salah satu jenis jalan yang ada di Indonesia, fasilitas ini identik dengan lalu lintas  yang sibuk atau padat karena terletak di kawasan perkotaan. Tak jarang kemacetan terjadi di jalanan ini karena tingginya mobilitas manusia dan barang di sebuah kota. Sering kali, lambatnya pertumbuhan jalan dituding menjadi biang kerok dari kemacetan yang terjadi. Padahal dalam manajemen lalu lintas, ketersediaan jalan dan arus kendaraan punya kontribusi yang sama untuk terjadinya penumpukan kendaraan di jalanan.

Kota Bandung sendiri dalam 5 tahun terakhir terus mengalami pertumbuhan panjang jalan secara konstan. Pertumbuhan yang paling signifikan tercatat di 2021. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pembangunan beberapa lahan pemerintah sebagai ruang publik dengan fasilitas jalan di dalamnya seperti di taman yang ada di Kiaracondong.

Pertumbuhan jalan baru ini juga diiringi dengan peningkatan kualitas di jalan-jalan yang telah ada sebelumnya. Berdasarkan data Dinas Sumber  Daya Air dan Bina Marga dalam kurun waktu 2017-2021, ada peningkatan jalan dengan kualitas baik sebanyak 6.5% dengan peningkatan yang konsisten setiap tahunnya.

 


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.