Peningkatan Okupansi Hotel Pasca Pandemi Covid-19

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Fri, August 2023 • 70

Selama pandemi covid-19, sektor pariwisata menjadi sektor yang terpukul cukup telak, termasuk jasa perhotelan. Pembatasan mobilitas serta operasional jasa perhotelan selama pandemi mewabah menjadi musabab utamanya. Namun seiring meredanya kasus covid-19 di tanah air, termasuk Kota Bandung, pembatasan-pembatasan tersebut mulai dilonggarkan dan sektor wisata kembali bergairah memasuki tahun 2022.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mencatat tren tingkat okupansi per bulan kamar hotel di Kota Bandung mengalami peningkatan selepas bulan ramadhan yang bertepatan dengan bulan April 2022. Puncaknya, tingkat okupansi tertinggi dicatatkan di akhir tahun yakni bulan Desember sebesar 81% dengan jumlah kamar hotel yang terjual sebanyak 456.522 kamar. Itu artinya, rata-rata hampir 15 ribu kamar hotel terisi setiap harinya di Kota Bandung selama bulan Desember 2022.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.