Para Srikandi Legislator Kota

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Wed, April 2023 • 189

Tahun 2024 merupakan tahun yang sangat menentukan arah perpolitikan tanah air, tidak hanya di tingkat pusat, tapi juga tingkat daerah provinsi hingga kabupaten/kota. Musababnya tak lain karena pada tahun 2024, rakyat indonesia akan melaksanakan pemilu dan pilkada serentak untuk seluruh daerah di tanah air, termasuk Kota Bandung. 

Terlepas dari siapakah yang akan menjadi kepala negara maupun kepala daerah selanjutnya, yang tak kalah penting adalah melihat partisipasi perempuan dalam kancah perpolitikan tanah air. Dengan disahkannya UU no 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, perempuan mendapat tempat khusus dengan ditetapkannya kuota minimal 30% keterwakilan perempuan untuk daftar calon legislator yang diajukan setiap partai politik peserta pemilu.

Keterwakilan kaum hawa di badan legislatif Kota Bandung sendiri terbilang masih cukup rendah untuk periode 2018-2023. Sekretariat DPRD Kota Bandung mencatat sebanyak 9 orang anggota dewan perempuan dari total 50 anggota dewan yang ada atau masih kurang dari 20 persen. Patut kita tunggu kiprah para srikandi dalam menghadapi pesta demokrasi akbar di tahun 2024 nanti.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.