Lahan Sawah di Tengah Hiruk Pikuk Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, August 2023 • 89

Meskipun bukan termasuk daerah sentra produksi padi, ternyata Kota Bandung masih memiliki lahan sawah yang cukup luas lho! Hingga tahun 2022,tercatat luas lahan sawah di Kota Bandung mencapai 641 hektar atau seluas 897 buah lapang sepak bola standar FIFA! Selain itu, jika dilihat dari jenis pengairannya, lahan sawah di Kota Bandung dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sawah irigasi yang pengairannya diperoleh dari sistem irigasi yang sengaja dibuat, dan sawah non irigasi yang pengairannya tergantung pada alam, seperti: air hujan, pasang surut air sunga/laut dan air rembesan.

Lalu bagaimana potret lahan sawah di Kota Bandung terutama jika dilihat dari jenis pengairannya?

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kota Bandung dari tahun 2017 hingga 2022, luas lahan sawah di Kota Bandung sempat meningkat di tahun 2021, namun menurun kembali di tahun 2022. Sementara jika melihat dari jenis pengairannya, luas lahan sawah irigasi cenderung mengalami penurunan tren dari tahun 2017. Hingga pada tahun 2022, luas lahan sawah irigasi yang tersisa mencapai 396 Ha. Sedangkan luas lahan sawah non irigasi justru mengalami peningkatan tren. Dari tahun 2017 yang awalnya belum tercatat sama sekali, terus meningkat hingga pada tahun 2022 luasnya mencapai 245 Ha.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.