Geliat Inflasi di Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Wed, July 2023 • 96

Dikutip dari laman BPS, Inflasi merupakan kecenderungan naiknya harga barang dan jasa secara umum yang berlangsung secara terus menerus. Jika harga barang dan jasa meningkat, maka inflasi pun mengalami kenaikan. Terdapat 11 kelompok komoditas barang dan jasa yang diperhitungkan dalam inflasi, sehingga fluktuasi harga dari 11 kelompok barang dan jasa ini berkontribusi terhadap laju inflasi yang terjadi di suatu kota ataupun negara. Lalu bagaimana laju inflasi 11 kelompok barang dan jasa tersebut di Kota Bandung?

Dari data yang dihimpun BPS Kota Bandung dari tahun 2020 hingga 2022, kelompok makanan, minuman dan tembakau memiliki laju inflasi yang paling fluktuatif pada tahun 2020 dan 2021. Hal ini terjadi karena harga bahan makanan seringkali meningkat signifikan terutama saat momen-momen tertentu seperti hari raya keagamaan dan musim paceklik. Sementara di tahun 2022, laju inflasi bulanan yang paling fluktuatif justru dicatatkan oleh kelompok transportasi, yakni di bulan September. Fenomena ini tidak terlepas dari imbas kenaikan harga BBM di bulan tersebut.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.