Yuk, Mulai Biasakan Gaya Hidup Sehat Sebelum Terlambat!

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Tue, September 2023 • 195

Berdasarkan buku Profil Kesehatan Kota Bandung Tahun 2022, tiga penyakit teratas yang menyebabkan kematian dan tercatat oleh Puskesmas di Kota Bandung, antara lain: hipertensi, gagal jantung dan stroke. Ketiga penyakit tersebut merupakan jenis penyakit tidak menular yang lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga tanpa disadari penderitanya, organ-organ tubuh mengalami kerusakan dan penurunan fungsi secara perlahan..

Lalu, bagaimana kondisi penyakit tidak menular yang diderita oleh penduduk Kota Bandung?

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota Bandung pada tahun 2022, hipertensi menjadi penyakit tidak menular dengan jumlah penderita terbanyak, disusul oleh diabetes mellitus dan penyakit pembuluh darah. Lebih lanjut lagi, jika dilihat dari jenis kelamin penderita, kaum hawa jauh lebih dominan menjadi penderita penyakit hipertensi dan diabetes mellitus. Sementara untuk penyakit pembuluh darah, lebih banyak diderita oleh laki-laki.

Yuk Dulur Data, kita mulai perbaiki gaya hidup jadi lebih sehat agar tak menyesal di kemudian hari!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.