Tertib Berkendara dengan Patuhi Lampu Lalu Lintas

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Thu, September 2023 • 344

Pernahkah Dulur Data terjebak lampu merah yang lama di persimpangan? Memang mengesalkan ya? Tapi itu sudah kewajiban kita sebagai pengguna jalan untuk menaati Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) tersebut. Di Kota Bandung sendiri, ada 4 jenis APILL yang eksis di jalanan kota, diantaranya: traffic light (lampu lalu lintas 3 warna di persimpangan), flashing yellow (lampu lalu lintas warna kuning berkedip di persimpangan), pelican crossing (lampu lalu lintas 2 warna untuk pejalan kaki menyebrang jalan) dan warning light (lampu lalu lintas warna kuning pada ruas jalan)

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kota Bandung pada awal tahun 2023, total ada 150 APILL yang beroperasi di jalanan Kota Bandung. Traffic light menjadi APILL yang terbanyak dengan jumlah 106 buah dan 66 di antaranya sudah terintegrasi dengan ATCS (Area Traffic Control System). ATCS sendiri adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

Hayo ngaku, siapa yang pernah kena tegur petugas ATCS di persimpangan karena melanggar aturan lalu lintas?! Yuk Dulur Data, mulailah jadi pengguna jalan yang tertib dan taat aturan demi keselamatan bersama?!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.